Skip to main content

Mencengangkan!! Misteri Gunung Lipan Kalimantan

Gunung Lipan, tentu terasa absurd dan merasa heran, sebab pada umumnya para pendaki dan petualang tak pernah mendengar nama itu. Memang, gunung Lipan hanya banyak di ketahui oleh yang memiliki usia lebih dari 70 tahun keatas, bagi generasi setelahnya, tentu asing. Hanya tersisa kisah saja perihal lokasi gunung Lipan, hutan Bambangan dan perihal asal nama gunung Lipan tersebut. Dan inilah beberapa kisah misteri gunung Lipan.


Jika kau akan melaksanakan perjalanan Samarinda - Balikpapan, maka kau niscaya melewati Gunung Lipan, tepatnya di pinggir Sungai Mahakam dan terdapat restoran Lipan Hills disana, dengan tanjakan yang berkelok - kelok.

Tapi tahukah bahwa Gunung Lipan bergotong-royong yaitu sebuah perkampungan para makhluk halus yang kebanyakan bertubuh kerdil, dan pada celah gunung terdapat sebuah teladas yang berdasarkan kisah sangat segar kalau di minum dan dimandikan pada tubuh. Dan sesekali kita juga sanggup menjumpai hewan dengan sebutan Lipan dengan ukuran 50 cm dan lebar tubuhnya hampir sama dengan daun kelapa.

 sebab pada umumnya para pendaki dan petualang tak pernah mendengar nama itu MENCENGANGKAN!! Misteri Gunung Lipan Kalimantan

Seperti yang diceritakan Pak Imbran seorang warga orisinil daerah Gunung Lipan yang dikala ini telah menjadi perkampungan ramai penduduk. Menurut ceritanya, kala itu ia sedang pergi ke hutan mencari rotan, dan ketika melewati air terjun, entah dari mana asalnya, ia melihat seorang putri yang sedang terbang dan turun perlahan disebuah kerikil dekat teladas tersebut.

Kemudian sang putri pun melepas selendang dan baju luarnya yang berwarna hijau gemerlap, kemudian sang putri pun mandi diair terjun tersebut. Tapi, disisi lain, ternyata selendang dan baju luar sang putri tadi, dijaga oleh puluhan lipan dengan ukuran cukup besar dan berwarna cokelat kehitam - hitaman. “Saya ingat hari itu hari Kamis dan waktu itu hujan gerimis, saya berteduh dibawah pohon bambu. “ ungkap Pak Imbran yang sekarang tinggal di Loa Hui kampung Harapan Baru Kelurahan Loa Janan Ilir.

Tidak hanya Lipan saja ternyata yang menghuni daerah tersebut, berdasarkan kisah disana juga terdapat para makhluk mistik yang bertubuh kerdil dan sering berkeliaran, termasuk kerap berbaur dengan warga orisinil setempat.

Dan biasanya kalau keberadaan mereka diketahui, maka makhluk mistik tersebut cepat sekali menghilang dan memasuki hutan dan tak pernah ada yang melihat lagi. Masyarakat yang pernah bertemu orang orang mistik tersebut, biasanya berasal dari perkampungan yang ada dihutan gunung Bambangan, tak begitu jauh dari Gunung Lipan.

Kehidupan makhluk mistik tersebut juga ternyata tak jauh beda dengan manusia, berdasarkan sejumlah pengakuan, bahwa sang makhluk mistik juga berkeluarga ada suami, istri dan anak - anak. Makhluk tersebut terkadang tak tahan terlalu usang berbaur dengan manusia, dan mereka kerap kepanasan, apalagi dirumah manusai terdapat kitab suci Al-quran.

Tetapi intinya mereka tak pernah menggangu, bahkan mereka sering memberi bermacam - macam hadiah. Jika mereka memberi kita batu, maka kerikil itu sanggup menjadi kerikil berharga menyerupai berlian, begitu pula kalau mereka memberi buah atau kunyit. Buah atau kunyit ini sanggup menjadi gumpalan emas murni.

Dulu ada beberapa anggota masyarakat yang mencoba memasuki daerah gunung Bambangan, namun apapun yang mereka dilakukan tak pernah berhasil menemui orang orang kerdil dan mistik tersebut. Dan pertemuan sanggup saja terjadi, kalau orang - orang mistik tersebut menghendaki.

Almarhum Haji Umbah Ramli, seorang Kepala Kampung Harapan Baru pernah menceritakan pengalaman gaibnya. Haji Umbah menyampaikan bahwa suatu hari ia pernah diundang pada program ijab kabul oleh satu keluarga di Gunung Lipan.

Undangan tersebut agak terkesan mendadak, soalnya ketika ia gres saja pulang dari Kota Samarinda, ditengah jalan ia dicegat atau dihadang dan eksklusif digiring menuju upacara pesta perkawinan. Sebagai seorang Kepala Kampung, tentunya Haji Umbah mengenal seluruh warga kampungnya.

Tapi kenapa pada dikala itu, ia yang semula belum pernah melihat atau mengenal orang yang mengundangnya, tiba - tiba saja ia merasa menyerupai sudah bersahabat dan kenal usang dengan keluarga sang pengundang tersebut. Usai pesta tersebut, Haji Umbah kemudian diantar pulang, hingga dipinggir jalan besar yang menuju rumah haji Umbah tersebut.

Sesampainya dirumah lanjut Haji Umbah, ia gres tersadar dengan bencana yang gres saja ia alami. Dengan rasa ingin tau tinggi, ia membawa beberapa warganya untuk kembali ketempat pesta perkawinan tersebut. Namun sayang, ketika mereka hingga ditempat dimana berdasarkan Haji Umbah diantar oleh tuan rumah pesta yakni dipinggir jalan besar tersebut, sekarang Haji Umbah tak tahu dimana jalan besar dan jalan kecil yang tak jauh dari rumahnya.

Mereka hanya disuguhi pemandangan berupa hutan dan semak belukar, dan anehnya lagi, Haji Umbah dan beberapa warganya mencium harumnya aroma masakan disekeliling mereka. Setelah beberapa detik menimamti aroma tersebut, mereka dikagetkan dengan datangnya puluhan bahkan ratusan lipan dengan ukuran tidak mengecewakan besar dan mengelilingi mereka. Dengan perasaan absurd bercampur takut, jadinya Haji Umbah dan lainnya tetapkan untuk pergi dan pulang ke rumah masing - masing.

Samarinda Kota maupun Samarinda Seberang dulunya banyak kisah atau kisah - kisah misteri dan banyak terdapat daerah angker, tapi hingga sekarang misteri tersebut tak pernah terpecahkan keberadaannya. Adapun kisah kasatmata dan hal mistik yang banyak dialami warga, yakni Gunung Permandian yang telah banyak memakan korban, hingga muncul kisah adanya roh - roh gentayangan anak - anak Belanda yang dulunya terkubur disana.

Seringnya terjadi kecelakaan di gunung Lipan
Masih banyak lagi kisah atau hal - hal mistis lainnya mengenai sejarah Gunung Lipan atau lainnya di Samarinda ini. Namun seolah tak dihiraukan lagi dan pesatnya kehidupan umat manusia, sehingga misteri dan sejarah terjadinya Gunung Lipan dan lainnya hanya tinggal kenangan dan tak banyak yang sanggup menceriatakan kembali secara terang mengenai sejarah tersebut.

Padahal dulu, setiap setahun sekali diadakan Pelas Kampung dengan memperlihatkan sesaji, untuk mereka yang tak terlihat. Tujuannya yaitu semoga insan biasa yang tinggal ditempat tersebut tidak diganggu oleh mahluk - mahluk mistik yang juga tinggal disana.

Walau demikian, sepatutnyalah para generasi muda untuk lebih mengenal dan memahami sejarah perihal asal - seruan tempat atau pun nama tempat yang ada daerahnya, sama halnya dengan “Gunung Lipan”.


sumber: /search?q=hindari-permen-karet-pembangkit-libido

Comments

Popular posts from this blog

Mencengangkan!! Misteri Black Hole Lubang Hitam Yang Belum Terpecahkan

Sebagian besar dari sahabat AnehdiDunia.com niscaya sudah pernah mendengar mengenai misteri keberadaan lubang hitam. Di mana lubang hitam merupakan sebuah fenomena luar angkasa yang hingga detik ini masih mengakibatkan banyak teori serta mengakibatkan banyak perdebatan di antara para ahli. Menurut penelitian banyak jago di dunia, lubang hitam yang sering disebut juga dengan istilah Black Hole ini yaitu sebuah tanda-tanda dari fenomena jagad raya, di mana lubang hitam ini diyakini mempunyai gaya gravitasi yang kekuatannya sangatlah dahsyat, bahkan berdasarkan pengamatan para jago astronomi menyampaikan bahwa seberkas cahaya sekalipun tidak akan bisa lolos dari dekapan sang lubang hitam ini. Teori realtivitas yang dikemukakan oleh Albert Einstein dan penerus-penerus dia juga memprediksi bawasanya akan membutuhkan massa yang amat sangat besar apabila insan hendak berniat membuat sebuah lubang hitam buatan atau lubang hitam tiruan. Perlu anda ketahui juga, bahwa di sekitaran luban

Mencengangkan!! Bintang Hollywood Yang Pernah Hidup Sebagai Gelandangan

Para Bintang yang hidup di Hollywood sering di identikan dengan kehidupan glamor dan daerah tinggal kolam istana yang merupakan citra positif dari kenikmatan dunia tertinggi yang bisa di raih seseorang. Namun tak semua Bintang Hollywood yang kini bisa meraih pendapatan hingga jutaan Dollar dalam satu kali peranya dalam sebuah film ini, meniti karir mereka dengan cara yang gampang, ataupun terlahir dari keluarga yang berada, hingga bisa mendukung perjalan karir mereka, kadang para bintang ini juga muncul dari kalangan biasa bahkan bisa dibilang kekurangan, beberapa diantaranya bahkan pernah mencicipi hidup susah sebab terlahir dalam himpitan kemiskinan hingga menciptakan mereka terpaksa hidup menggelandang. Tapi sebab kerja keras, semangat pantang mengalah dan juga sedikit keberuntungan mereka jadinya berhasil menapaki tangga ketenaran sebagai bintang yang bersinar di Hollywood dan merubah nasib mereka 180 derajat pada sisi roda kehidupan yang berbeda, dari masa dimana mereka dulu bahk

Mencengangkan!! Simak Sejarah Unik Munculnya Boneka Ventriloquist

Bagi sahabat anehdidunia.com yang belum mengetahui apa itu boneka Ventriloquist, boneka ini merupakan boneka yang di pakai dalam dunia hiburan panggung, yaitu dengan cara menggerakkan bab bibirnya serta matanya secara manual, lalu sang penggagas itu akan mengeluarkan suara  buatan guna menciptakan si boneka solah-olah hidup dan mempunyai perasaan. Dikisahkan, awalnya Ventriloquisme atau juga disebut dengan Ventriloquism ini merupakan seni berbicara dengan tanpa harus  menggerakkan ekspresi atau bibir. Ventriloquis berasal dari serapan kata bahasa Latin, yaitu “venter”, yang artinya yaitu perut, serta “loqui” yang artinya yaitu berbicara. Ventriloquisme ini sering juga banyak diartikan sebagai sebuah ilmu ataupun keterampilan dalam berbicara memakai perut. Bahkan dalam perkembangan dunia Ventriloquisme ini, ada beberapa orang mahir Ventriloquis yang bisa bersuara perut yang seakan-akan si boneka berada di kawasan yang jauh atau di ruangan yang lainnya. Dalam pemaknaan di bahasa Indones