Skip to main content

Mencengangkan!! Lake Nyos Danau Pembunuh Di Afrika

Sebuah danau yang dikatakan sebagai danau pembunuh sebab tercatat bahwa danau nyos ini menghilangkan 1800 nyawa sebab keracunan gas. Danau Nyos, danau luas yang terdapat di daerah Kamerun, Afrika Barat. Kedalaman danau ini mencapai 157 m dengan kepingan terdalamnya 208 meter. Sahabat anehdidunia.com bumi yaitu rumah bagi beberapa danau kawah yang sangat indah. Banyak dari danau-danau kawah berasal selama periode waktu sebelum insan berkeliaran di bumi. Hal itu, ditambah dengan signifikansi kosmik mereka, menciptakan danau-danau kawah sangat menarik dari perspektif geologi. Danau Nyos ada pengecualian untuk hukum ini.


Bencana Lake Nyos Terjadi
Pada tanggal 21 Agustus 1986, sesuatu yang mengerikan terjadi. Tiba-tiba, para penduduk yang tinggal di desa sekitar danau Nyos mendengar gemuruh keras, sebelum zat berbusa terlihat "meletus" dari danau. Para penduduk yang meninggalkan rumah mereka untuk menilik bunyi gemuruh segera menemukan awan putih, besar mengelilingi danau. Tidak usang sesudah itu, seiring awan tersebut tumbuh (hingga setinggi 100 meter), awan juga menelan daerah sekitar danau, menciptakan penduduk sekitar danau kehilangan kesadaran, dan kemudian banyak dari mereka yang meninggal. Lake Nyos berubah dari sesuatu yang terlihat indah menjadi sesuatu yang mengerikan menyerupai di film-film horor. Sekitar 1700 insan kehilangan nyawa pada insiden itu, bersama 3500 hewan ternak.


"Saya tidak sanggup berbicara. dan rasanya mau pingsan. Saya tidak sanggup membuka lisan saya dan kemudian saya mencium sesuatu yang mengerikan. Saya mendengar anak saya mendengkur dengan cara yang mengerikan, sangat tidak normal. Ketika menyeberang ke tempat tidur putri saya, saya pingsan dan jatuh. saya ingin berbicara, napas saya tidak keluar, putri saya sudah mati!". Itulah kata-kata Joseph Nkwain, salah satu korban selamat dari tragedi 21 Agustus 1986, salah satu musibah paling absurd dalam sejarah.
 
Misteri Danau Nyos Terbongkar
Untuk mencari jawaban, para hebat kemudian meneliti Danau Craten di Oregon. Danau ini yaitu danau terluas nomor tujuh di dunia. Luasnya mencapai 50 km persegi dengan kedalaman 594 meter. Sehingga digambarkan jikalau Empire State dimasukkan ke danau ini, niscaya akan tenggelam.
Danau Craten menampung sekitar 19 triliun liter air. Sekitar 7700 tahun yang lalu, Gunung Mazame di tempat itu meletus dan melemparkan puncak gunungnya. Kawah inilah yang kemudian membentuk Danau Craten. Namun, ternyata kegiatan gunung Mazame masih tetap menghipnotis danau tersebut. Karena dibawah danau ternyata masih terdapat kolam-kolam bekas magma yang masih tetap panas.

Para hebat menemukan bahwa suhu air di dasar danau lebih hangat beberapa derajat, kadar garamnya juga sepuluh kali lebih pekat dan mengandung banyak CO2. Lalu CO2 ini kemudian merembes dari celah-celah kerak bumi dan menuju ke kawah yang sekarang telah menjadi danau. Namun, keberadaan air telah menghalangi CO2 itu naik ke udara. Kalaupun ada sedikit yang terlepas, masih sanggup hilang terbawa hembusan angin. Sehingga tidak terlalu membahayakan.

Proses pergantian animo juga sangat mempengaruhi. Pada animo dingin, perputaran air akan terdorong ke bawah sebab suhu dibawah lebih hangat. Sebaliknya pada animo panas, perputaran air akan naik ke atas. Siklus inilah yang kemudian menciptakan munculnya lapisan-lapisan air yang berbeda kadar kepadatannya. Lapisan air yang paling bawah lebih pekat daripada yang diatas. Di lapisan air yang paling bawah inilah CO2 yang mengalir dari dasar bumi itu tertahan.


CO2 tidak sanggup naik lebih tinggi sebab perbedaan kepekatan air di lapisan atasnya. Sehingga berkumpul dan terakumulasi selama puluhan tahun dan menjadi sangat banyak di lapisan air yang paling bawah. Fenomena ini kemudian ditemukan juga pada Danau Horseshoe yang berukuran lebih kecil dari Danau Craten. Pohon-pohon yang tumbuh di sekitar danau itu mengering dan karenanya mati.

Setelah diselidiki, ternyata kadar CO2 di danau ini mencapai 100 ton/hari dan meresap ke tanah. Inilah yang menciptakan pohon-pohon di sekitarnya mati. Para hebat kemudian melaksanakan percobaan dengan menggali sedikit tanah di tepi danau itu kemudian mencoba menyalakan api. Namun, jawaban pekatnya kadar CO2 nya, api pribadi padam begitu didekatkan dengan tanah. Ternyata akumulasi CO2 yang sudah sangat banyak di danau itu karenanya meluap dan menjadikan danau itu menjadi sangat berbahaya. Namun, kadar CO2 di Danau Horseshoe tidak terlalu membahayakan manusia, sebab batas kadar yang membahayakan yaitu 1,75 juta ton. Dan ini hanya akan terjadi pada insiden gunung meletus.

Penemuan-penemuan inilah yang kemudian membantu para hebat untuk sanggup menyimpulkan apa yang terjadi di Danau Nyos. Malam hari sebelum insiden itu, ada sebuah tebing di tepian danau, runtuh dan masuk ke air. Diperkirakan reruntuhan tebing ini telah menggoncang lapisan-lapisan air. Sehingga lapisan paling dasar yang dipenuhi dengan CO2 menjadi pecah dan mengalirkan CO2 dalam jumlah besar ke permukaan danau.

Keesokan paginya ajaran CO2 ini kemudian memasuki wilayah pemukiman penduduk. Dan sebab CO2 tidak berwarna dan tidak berbau, penduduk tidak menyadari kedatangannya. Itulah yang menjadikan banyak penduduk yang tewas dikala sedang mengerjakan kegiatan hariannya. CO2 ini menyerupai pembunuh yang mengintai diam-diam. Mungkin hanya segelintir orang saja yang menyadari adanya ancaman tak kasat mata yang terdapat di dasar danau yang terlihat sangat indah di permukaannya itu. Tanpa mereka sadari, mereka elah menghirup CO2 yang berasal dari lapisan paling dasar danau, yang telah terakumulasi selama puluhan tahun. Dan berbagai orang yang meninggal sebab itu.

Itulah mengapa Lake nyos diartikan danau indah yang sangat menyeramkan. berbeda dengan danu danau di dunia ini. Semoga misteri lake nyos, danau yang membunuh 1700an jiwa insan dan 3500an ternak ini menambah wawasan anda.


referensi: /search?q=letusan-gunung-paling-dahsyat-di-dunia/ /search?q=letusan-gunung-paling-dahsyat-di-dunia/ /search?q=letusan-gunung-paling-dahsyat-di-dunia/http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Nyos

Comments

Popular posts from this blog

Mencengangkan!! Misteri Black Hole Lubang Hitam Yang Belum Terpecahkan

Sebagian besar dari sahabat AnehdiDunia.com niscaya sudah pernah mendengar mengenai misteri keberadaan lubang hitam. Di mana lubang hitam merupakan sebuah fenomena luar angkasa yang hingga detik ini masih mengakibatkan banyak teori serta mengakibatkan banyak perdebatan di antara para ahli. Menurut penelitian banyak jago di dunia, lubang hitam yang sering disebut juga dengan istilah Black Hole ini yaitu sebuah tanda-tanda dari fenomena jagad raya, di mana lubang hitam ini diyakini mempunyai gaya gravitasi yang kekuatannya sangatlah dahsyat, bahkan berdasarkan pengamatan para jago astronomi menyampaikan bahwa seberkas cahaya sekalipun tidak akan bisa lolos dari dekapan sang lubang hitam ini. Teori realtivitas yang dikemukakan oleh Albert Einstein dan penerus-penerus dia juga memprediksi bawasanya akan membutuhkan massa yang amat sangat besar apabila insan hendak berniat membuat sebuah lubang hitam buatan atau lubang hitam tiruan. Perlu anda ketahui juga, bahwa di sekitaran luban

Mencengangkan!! Bintang Hollywood Yang Pernah Hidup Sebagai Gelandangan

Para Bintang yang hidup di Hollywood sering di identikan dengan kehidupan glamor dan daerah tinggal kolam istana yang merupakan citra positif dari kenikmatan dunia tertinggi yang bisa di raih seseorang. Namun tak semua Bintang Hollywood yang kini bisa meraih pendapatan hingga jutaan Dollar dalam satu kali peranya dalam sebuah film ini, meniti karir mereka dengan cara yang gampang, ataupun terlahir dari keluarga yang berada, hingga bisa mendukung perjalan karir mereka, kadang para bintang ini juga muncul dari kalangan biasa bahkan bisa dibilang kekurangan, beberapa diantaranya bahkan pernah mencicipi hidup susah sebab terlahir dalam himpitan kemiskinan hingga menciptakan mereka terpaksa hidup menggelandang. Tapi sebab kerja keras, semangat pantang mengalah dan juga sedikit keberuntungan mereka jadinya berhasil menapaki tangga ketenaran sebagai bintang yang bersinar di Hollywood dan merubah nasib mereka 180 derajat pada sisi roda kehidupan yang berbeda, dari masa dimana mereka dulu bahk

Mencengangkan!! Simak Sejarah Unik Munculnya Boneka Ventriloquist

Bagi sahabat anehdidunia.com yang belum mengetahui apa itu boneka Ventriloquist, boneka ini merupakan boneka yang di pakai dalam dunia hiburan panggung, yaitu dengan cara menggerakkan bab bibirnya serta matanya secara manual, lalu sang penggagas itu akan mengeluarkan suara  buatan guna menciptakan si boneka solah-olah hidup dan mempunyai perasaan. Dikisahkan, awalnya Ventriloquisme atau juga disebut dengan Ventriloquism ini merupakan seni berbicara dengan tanpa harus  menggerakkan ekspresi atau bibir. Ventriloquis berasal dari serapan kata bahasa Latin, yaitu “venter”, yang artinya yaitu perut, serta “loqui” yang artinya yaitu berbicara. Ventriloquisme ini sering juga banyak diartikan sebagai sebuah ilmu ataupun keterampilan dalam berbicara memakai perut. Bahkan dalam perkembangan dunia Ventriloquisme ini, ada beberapa orang mahir Ventriloquis yang bisa bersuara perut yang seakan-akan si boneka berada di kawasan yang jauh atau di ruangan yang lainnya. Dalam pemaknaan di bahasa Indones