Skip to main content

Mencengangkan!! Tragedi Selesai Zaman Penghancur Peradaban Insan Dalam Sekejap

Masyarakat zaman dahulu sering mengaitkan peristiwa dengan eksekusi yang diberikan oleh ilahi akhir kesalahan manusia.Bencana berasal dari bahasa inggris “disaster”.“Dis” mempunyai pengertian buruk; dan “aster” mempunyai pengertian bintang-bintang. Kedua kata tersebut kalau dikombinasikan akan menghasilkan pengertian keburukan atau kemalangan yang terjadi dibawah bintang, yang didasari pada keyakinan bahwa bintang-bintang di angkasa sanggup dijadikan membuktikan akan suatu kejadian. Ilmu mempelajari tingkah laris bintang-bintang yang digunakan untuk meramalkan suatu insiden dinamakan dengan astrologi.

Kembali ke duduk masalah bencana, peristiwa sanggup timbul akhir kekuatan dari alam sendiri maupun akhir tingkah laris manusia. Tetapi membandingkan peristiwa yang diakibatkan oleh insan tidak ada apa-apanya dengan kekuatan alam yang maha dashyat dan bersifat destruktif. Menurut aturan entropi atau aturan termodinamika ke 2: semua sistem di alam semesta ini menuju ke arah kehancuran, penguraian dan pembusukan apabila ditinggalkan dalam kondisi alami. Mencermati substansi dari aturan tersebut, sudah sepantasnya kita sebagai insan seharusnya menjadi pemelihara kelestarian alam dan bukannya berperilaku merusak dan membuat peristiwa gres yang sanggup menghancurkan bumi daerah kita tinggal. Dari bermacam-macam peristiwa yang baik maupun berpotensi melanda bumi, berikut ini merupakan peristiwa terbesar yang sanggup memusnahkan peradaban insan dalam sekejap:

Bencana Blackhole (lubang hitam)


 Masyarakat zaman dahulu sering mengaitkan peristiwa dengan eksekusi yang diberikan oleh ilahi MENCENGANGKAN!! Bencana Kiamat Penghancur Peradaban Manusia Dalam Sekejap

Blackhole merupakan objek di angkasa yang muncul akhir runtuhnya suatu bintang yang besar. Bintang besar yang runtuh tersebut tidak membuat bintang netron ataupun materi yang sanggup terlihat, namun hanya menyisakan sesuatu dengan gravitasi yang sangat tinggi. Dahsyatnya gravitasi lubang hitam sanggup digambarkan bahwa ketika seseorang terhisap didalamnya, maka gravitasi lubang hitam akan meningkat dengan kecepatan yang sangat tinggi. Sehingga ia akan mengerasakan tarikan yang jauh lebih besar pada kaki dibandingkan kepala. Hasil akhirnya badan kita akan menjadi panjang dan sangat kurus ibarat spaghetti.

Menurut laporan sebuah harian di Inggris, para ilmuwan memperkirakan bahwa peristiwa lubang hitam atau “bumi ditelan”, dan meskipun insiden tersebut belum tentu akan terjadi dalam 70 tahun mendatang, namun tingkat ancamannya terhadap bumi dikategorikan sebagai tertinggi pertama. Laboratorium Brookhaven di New York pada 14 tahun silam telah membuat akselerator partikel yang terbesar, dengan mendekatkan ion emas pada benturan kecepatan cahaya dan menghasilkan material densitas tinggi. Fisikawan khawatir bahwa akselerator tersebut akan membuat material densitas tinggi ibarat lubang hitam, menelan laboratoriumatau bahkan menelan bumi.


Perang Nuklir




Masih ingat bagaimana dahsyatnya bom atom berjulukan “fatman” dan “little boy” menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang sana dalam sekejap. Energi yang dihasilkan dari reaksi nuklir memang sangat dahsyat.Energi nuklir dihasilkan ketika dua partikel nuklir saling bertubrukan sehingga menghasilkan energi. Di dunia dikenal dengan dua reaksi nuklir, yaitu: reaksi fusi dan reaksi fisi. Reaksi fusi terjadi ketika 2 inti atom bertumbukan dan melebur menjadi 1, sedangkan reaksi fisi yaitu reaksi pembelahan inti atom akhir tubrukan inti atom lainnya.

Bom atom yang digunakan oleh Amerika dalam perang dunia kedua tersebut merupakan versi lawas dari senjata nuklir yang lebih berbahaya. Maka, selepas perang dunia kedua berakhir dan dunia mempunyai dua kutub negara adikuasa, yaitu: Amerika dan Uni Soviet, bayangan masyarakat dunia akan perang yang jauh lebih besar terus menghantui. Salah satu yang paling dikhawatirkan yaitu peningkatan penggunaani nuklir baik untuk senjata maupun untuk tujuan pembangkit tenaga.Kedua negara tersebut memang sangat terobsesi dan ingin menggali lebih jauh potensi kegunaan nuklir.Walaupun potensi energi yang didapat dari nuklir sangatlah luar biasa besar dan efisien ditinjau dari aspek ekonomi, tetapi potensi peristiwa yang timbul akhir kesalahan penggunaan lebih besar dibanding manfaat yang diterima.

Kasus Chernobyl sanggup menjadi pola kongkrit mengenai ancaman dari nuklir.Ledakan reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir menjadikan ber ton-ton zat radioaktif terlempar ke udara. Selain ledakan yang menewaskan banyak korban, paparan radioaktif menjadikan orang-orang terkena penyakit seperti: kanker dan bahkan menderita ketaknormalan akhir mutasi gen. Bahaya lebih lanjut dari zat radioaktif yaitu mereka akan mengendap dan butuh waktu beratu-ratus tahun semoga hilang dari suatu wilayah. Sehingga daerah terseubut untuk kurun waktu yang usang tidak akan sanggup ditinggali.


Letusan Gunung Berapi




Orang Indonesia tentu dekat dengan peristiwa yang diakibatkan oleh meletusnya gunung berapi.Letak Indonesia yang menjadi pertemuan antara 3 lempeng besar yaitu Eurasia, Pasifik dan Indo-Australia menjadikan topografi Indonesia dipenuhi dengan banyak gunung. Diantara banyak gunung, terdapat beberapa yang masih aktif, seperti: Merapi, Semeru, Kelud. Potensi kerusakan yang diakibatkan oleh peristiwa gunung berapi tidak hanya menjangkau skala regional, lebih dari itu akhir letusan gunung berapi sanggup dirasakan di cuilan dunia lain.

Bencana gunung tambora sanggup menjadi pola bagaimana amukan gunung berapi sanggup menjadi peristiwa internasional. Letusan Tambora pada tahun 1815 merupakan salah satu peristiwa gunung api paling jelek di dunia. Lebih dari 88.000 orang meninggal dunia. Dampak yang diakibatkan tidak hanya dirasakan oleh masyarakat sekitar sumbawa dan lombok, secara keseluruhan letusan Tambora telah menjadikan penurunan suhu bumi mencapai 2o C. Dan dianggap sebagai tahun terdingin semenjak 1800. Akibat ledakan Tambora tanaman-tanaman di Eropa dan Amerika tidak sanggup tumbuh, dan selama setahun langit berwarna temaram alasannya yaitu tertutup debu vulkanik.


Bencana Iklim




Pemanasan suhu bumi akhir indutrialisai menjadikan perubahan iklim yang cukup mengkhawatirkan dalam beberapa dasawarsa terakhir. Lapisan atmosfer yang semakin terkikis akhir menumpuknya gas semacam freon dan metana di udara membuat radiasi sinar matahari sanggup mengarah pribadi kepada insan dan sanggup menimbulkan penyakit ibarat kanker kulit. Pemanasan global juga telah mempercepat pencairan gletser di antartika yang berdampak pada kenaikan permukaan air laut. Daratan lama-kelamaan akan karam dan berakhir menjadi sebuah mitos ibarat layaknya peradaban Atlantis. Belum lagi iklim kini ini yang sulit diprediksi. La Nina, El Nino merupakan contoh-contoh anomali cuaca yang sanggup berimbas jelek bagi dunia. Badai sering terjadi, ekspresi dominan hujan dan kemarau tidak sanggup diprediksi sehingga ekspresi dominan tanam menjadi kacau merupakan serangkaian akhir dari perubahan iklim.

Bencana Kosmik



Bencana ke-5, sinar kosmik memancar kuat, sehabis terjadi ledakan benda angkasa pada sistem galaksi, dan kalau sinar kosmik termasuk sinar gamma memancarkan sinarnya ke bumi,dapat menimbulkan suhu menurun drastis, kesudahannya muncul masa glestser.

Tabrakan Bumi dengan Benda-Benda Angkasa




Semakin bau tanah usia alam semesta berakibat pada anomali benda-benda angkasa. Banyak benda angkasa yang melaju keluar dari orbitnya.Benda-benda angkasa ibarat asteroit dan meteorit sanggup membahayakan kelangsungan hidup insan kalau hingga bertabrakan.Peluang bumi ditabrak kerikil meteor raksasa yaitu setiap 1 juta tahun sekali.Tabrakan meteorit akan menimbulkan sejumlah besar debu, menutupi sinar matahari, danberdampak pada pertumbuhan tanaman. Namun, dampak ini sifatnya sementara, insan tetapmasih sanggup hidup.

Pemendekan Ujung Kromosom



Bencana selanjutnya yang mengerikan yaitu pemendekan ujung belakang kromosom. Ujung belakang kromosom binatang mempunyai suatu susunan pelindung yang disebut “telomeres”. Dan ilmuwan menyimpulkan bahwa panjang susunan pelindung telomeres akan semakin pendek, sehingga menjadikan ketidakstabilan kromosom. Ketika menjadi pendek pada tahap tertentu, maka insan akan menerima serangan penyakit yang berafiliasi denganusia, contohnya penyakit kanker, demensia usia lanjut, penyakit jantung, stroke dan sebagainya.Tetapi, para ilmuwan memprediksikan, bahwa dalam 70 tahun peluang terjadinya tanda-tanda sepertiini tidak tinggi.

Meledaknya Wabah Penyakit




Virus HIV, SARS, flu burung, ebola merupakan pola mengerikandari ancaman akhir serangan patogen.Salah satu informasi yang cukup hangat yaitu mengenai penggunaan senjata biologis untuk perang.Banyak kekhawatiran yang menyelimuti masyarakat terkait negara-negara yang membuatkan senjata biologis. Senjata biologis ini nanti akan berisi patogen (virus, basil atau jamur) yang sanggup menjadikan penyakit berbahaya. Efek dari senjata biologis ini lebih berbahaya dari senjata api atau bom alasannya yaitu senjata biologis ini sanggup menularkan penyakit kepada orang lain.

Robot Menguasai Bumi


 Masyarakat zaman dahulu sering mengaitkan peristiwa dengan eksekusi yang diberikan oleh ilahi MENCENGANGKAN!! Bencana Kiamat Penghancur Peradaban Manusia Dalam Sekejap

Bagi yang sudah menonton film Avengers 2 tentu paham premis apa yang terdapat dalam film tersebut. Film tersebut menceritakan para pendekar yang berjuang menghadapi robot.Robot yang diciptakan dengan kecerdasan serupa insan yang difungsikan untuk melindungi bumi malah berbalik ingin menghancurkan bumi dan peradabannya alasannya yaitu kecerdasannya.Walaupun citra yang dibentuk dalam film tersebut terlalu futuristik, tetapi bergotong-royong potensi ancaman robot menguasai bumi besar.Perusahaan-perusahaan besar dikala ini mulai menggantikan tenaga insan dengan tenaga robot, alasannya yaitu lebih efisien. Jika hal-hal ibarat ini terus berkembang, bukankah tidak menutup kemungkinan kalau beberapa ratus tahun lagi di setiap aspek kehidupan tugas insan akan digantikan dengan robot?

Itu tadi merupakan daftar bencana-bencana terbesar yang sanggup memusnahkan peradaban di bumi. Diantaranya merupakan kodrat alam, dan beberapa diakibatkan oleh tingkah laris manusia. Makara jangan salahkan alam tatkala bumi ini telah rusak, alasannya yaitu insan sendirilah yang berusaha membuat kerusakan.

Sumber:
Vetra, Muhammad Fadhyal. 2008. Science and Mythologi. Crazy Club inc. Pekanbaru

Comments

Popular posts from this blog

Mencengangkan!! Misteri Black Hole Lubang Hitam Yang Belum Terpecahkan

Sebagian besar dari sahabat AnehdiDunia.com niscaya sudah pernah mendengar mengenai misteri keberadaan lubang hitam. Di mana lubang hitam merupakan sebuah fenomena luar angkasa yang hingga detik ini masih mengakibatkan banyak teori serta mengakibatkan banyak perdebatan di antara para ahli. Menurut penelitian banyak jago di dunia, lubang hitam yang sering disebut juga dengan istilah Black Hole ini yaitu sebuah tanda-tanda dari fenomena jagad raya, di mana lubang hitam ini diyakini mempunyai gaya gravitasi yang kekuatannya sangatlah dahsyat, bahkan berdasarkan pengamatan para jago astronomi menyampaikan bahwa seberkas cahaya sekalipun tidak akan bisa lolos dari dekapan sang lubang hitam ini. Teori realtivitas yang dikemukakan oleh Albert Einstein dan penerus-penerus dia juga memprediksi bawasanya akan membutuhkan massa yang amat sangat besar apabila insan hendak berniat membuat sebuah lubang hitam buatan atau lubang hitam tiruan. Perlu anda ketahui juga, bahwa di sekitaran luban

Mencengangkan!! Bintang Hollywood Yang Pernah Hidup Sebagai Gelandangan

Para Bintang yang hidup di Hollywood sering di identikan dengan kehidupan glamor dan daerah tinggal kolam istana yang merupakan citra positif dari kenikmatan dunia tertinggi yang bisa di raih seseorang. Namun tak semua Bintang Hollywood yang kini bisa meraih pendapatan hingga jutaan Dollar dalam satu kali peranya dalam sebuah film ini, meniti karir mereka dengan cara yang gampang, ataupun terlahir dari keluarga yang berada, hingga bisa mendukung perjalan karir mereka, kadang para bintang ini juga muncul dari kalangan biasa bahkan bisa dibilang kekurangan, beberapa diantaranya bahkan pernah mencicipi hidup susah sebab terlahir dalam himpitan kemiskinan hingga menciptakan mereka terpaksa hidup menggelandang. Tapi sebab kerja keras, semangat pantang mengalah dan juga sedikit keberuntungan mereka jadinya berhasil menapaki tangga ketenaran sebagai bintang yang bersinar di Hollywood dan merubah nasib mereka 180 derajat pada sisi roda kehidupan yang berbeda, dari masa dimana mereka dulu bahk

Mencengangkan!! Simak Sejarah Unik Munculnya Boneka Ventriloquist

Bagi sahabat anehdidunia.com yang belum mengetahui apa itu boneka Ventriloquist, boneka ini merupakan boneka yang di pakai dalam dunia hiburan panggung, yaitu dengan cara menggerakkan bab bibirnya serta matanya secara manual, lalu sang penggagas itu akan mengeluarkan suara  buatan guna menciptakan si boneka solah-olah hidup dan mempunyai perasaan. Dikisahkan, awalnya Ventriloquisme atau juga disebut dengan Ventriloquism ini merupakan seni berbicara dengan tanpa harus  menggerakkan ekspresi atau bibir. Ventriloquis berasal dari serapan kata bahasa Latin, yaitu “venter”, yang artinya yaitu perut, serta “loqui” yang artinya yaitu berbicara. Ventriloquisme ini sering juga banyak diartikan sebagai sebuah ilmu ataupun keterampilan dalam berbicara memakai perut. Bahkan dalam perkembangan dunia Ventriloquisme ini, ada beberapa orang mahir Ventriloquis yang bisa bersuara perut yang seakan-akan si boneka berada di kawasan yang jauh atau di ruangan yang lainnya. Dalam pemaknaan di bahasa Indones