Skip to main content

Mencengangkan!! Hoax Aib Maluin Teknologi Mutakhir Yang Pernah Menggemparkan Indonesia

Peredaran hoax di Indonesia sangat banyak lantaran sang pelaku membuat fenomena ini menjadi sebuah profesi, namun ada juga yang hanya sekedar mencari hiburan. Kitalah yang harus benar benar memilah mana yang hoax dan mana yang benar. Berita menyesatkan atau palsu yang disebut hoax ini merambah kesegala lini entah itu iman ataupun hingga ke teknologi. Di Indonesia belum hilang dalam ingatan kita beberapa hoax yang memalukan sempat terjadi alasannya sudah mendapat apresiasi pejabat negara dan beberapa telah mendapat bantuan, ternyata tidak sesuai dengan apa yang dikatakan. Tidak panjang lebar lagi berikut Hoax teknologi mutakhir  yang pernah menggembarkan Indonesia versi anehdidunia.com


PLTH Pembangkit Listrik Tenaga Hampa


 PLTH Pembangkit Listrik Tenaga Hampa via blog.qualitypower.co.id
Mbah Embing yang berjulukan orisinil Slamet Haryanto yakni seorang tukang service dinamo asal Malang. Namanya mencuat sehabis pemberitaan heboh wacana penemuannya generator listrik yang diberi nama PLTH Pembangkit Listrik Tenaga Hampa. Pembangkit listrik ciptaannya tersebut bisa menghasilkan listrik tanpa memakai energi apapun, dan hanya butuh kehampaan. Gilanya, banyak orang termasuk seorang Menteri BUMN Dahlan Iskan, hingga memesan generator buatan Mbah Embing tersebut. PLTH itu jadinya diketahui merupakan tipuan murahan lantaran Mbah Embing ternyata melaksanakan trik yaitu menyambungkan aliran listrik ke generator lewat bawah tanah.

Andai saja bila inovasi pembangkit listrik tenaga hampa tersebut benar adanya, maka penemu alat tersebut patut mendapat nobel. Revolusi Energi akan terjadi. Umat insan akan meninggalkan pembangkit listrik konvensional menyerupai PLTU nuklir, PLTU batubara, dsb. Industri yang selama ini boros energi akan membangun power plant tenaga hampa sendiri untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Transportasi beralih ke kendaraan listrik. Kebutuhan air untuk pertanian akan didapatkan dengan menyuling air maritim dan dipompa ke ladang pertanian, lantaran biaya energi untuk penyulingan air murah. Masih banyak lagi pengaruh yang belum terpikirkan akhir inovasi PLTH ini. Sayangnya itu cuma Tipuan Murahan.


Blue Energy


 Blue Energy via konspirasidunia17.blogspot.com

Berita aneh, Kabar Blue Energy yaitu hoax pengubahan air menjadi bensin pada 2008 sempat ramai di pemberitaan. Bahan bakar non fosil yang berasal dari air maritim itu ditemukan oleh seorang laki-laki asal Nganjuk berjulukan Joko Suprapto. Sama menyerupai PLTH, Blue energy ini juga bisa menipu pejabat Negara bahkan seorang Presiden. Hingga Presiden memerintahkan membentuk tim untuk pengembangan blue energy, bahkan sudah memberi nama atas temuan itu sebagai "Minyak Indonesia Bersatu". Blue energy bahkan lebih hebat lantaran Presiden kala itu SBY mengumumkan kepada dunia mengenai proyek energi gres berbahan baku air tersebut. Saat konferensi internasional Global Warming di Bali, simpulan 2007, Minyak Indonesia Bersatu turut dipamerkan.

Namun dikala akan mulai diproduksi menjelang peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2008 Joko Suprapto sang penemu justru menghilang. Temuan itu mendapat kecaman, terutama dari Universitas Gadjah Mada, lantaran dianggap bohong. UGM mengungkapkan, mereka sempat diminta membiayai proyek energi alternatif oleh kelompok Joko Suprapto dan kawan-kawan, senilai Rp 3 miliar. Namun, sehabis melaksanakan beberapa pertemuan dan menelusuri latar belakang kelompok ini, UGM menyimpulkan proyek yang ditawarkan itu merupakan upaya penipuan. Dan pada jadinya joko juga ditangkap oleh pihak berwajib, dan dipernjara selama 3,5 tahun.


Padi Supertoy HL2


 Padi Supertoy HL2 via upstation.id
Eksperimen Proyek Padi Supertoy HL2 yang dikoordinasikan oleh Staf Khusus Presiden SBY, Heru Lelono. Eksperimen ini dilakukan oleh PT Sarana Harapan Indopangan (SHI) yang tak lain, Heru Lelono menjadi komisarisnya. Menurut eksperimen hoax tersebut, padi jenis gres ini sanggup menghasilkan 15 ton setiap hektarnya, sementara normalnya, satu hektar lahan sawah hanya bisa memproduksi gabah antara tiga hingga empat ton. Tak aneh lagi banyak petani mencoba untuk memakai padi super ini.

Namun apa lacur ratusan petani di Desa Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, kecewa berat. Betapa tidak, mereka mendapati padi unggulan yang digembar-gemborkan sebagai varietas unggul itu ternyata hanya bulir kosong tak berisi. Akibat kegagalan ini, para petani merugi hingga miliaran rupiah. Di tengah-tengah kegagalan panen kedua padi Supertoy dan ketidakpastian mendapat ganti rugi dari PT Sarana Harapan Indopangan, sebagian warga Desa Grabag, Purworejo, terpaksa mengais sisa padi dari lahan flora padi yang ada.


Pupuk Nutrisi Saputra



Sebuah teknologi gres memungkinkan panen padi mencapai hasil maksimal serta mempunyai kandungan gizi. Teknik yang disebut Teknik Saputra ini menghasilkan nutrisi esensial untuk dibubuhkan pada bibit tanaman. Cara ini memungkinkan jenis padi yang sebelumnya sulit panen bisa menghasilkan 17 ton per hektare. Selain itu, cara ini membuat padi kebal hama wereng, batang padi kokoh, dan tidak gampang dirusak angin.

Itulah akad yang digadang gadangkan oleh pupuk nutrisi saputra olahan seorang cowok berjulukan Umar Hasan Saputra. Presiden pun terkesima dengan keajaiban pupuk tersebut dan memerintahkan para Menteri dan jajaran Gubernur mendengarkan paparan presentasi si Umar Hasan Saputra. Bukan hanya itu saja, pupuk Nutrisi Saputra itu juga disebar ke para petani. Ternyata apa yang terjadi? Setelah dilakukan penelitian dan uji coba oleh Badan Litbang Pertanian, Pupuk Nutrisi Saputra itu ternyata justru merusak flora lantaran hanya mengandung 1 unsur minimal dari 26 unsur yang wajib ada dalam pupuk.


Iron Man Bali


 Iron Man Bali via kaskus.co.id
Masih ingat ramainya pemberitaan tangan robot dari bali ini? ya saking ramainya hingga menjadi pemberitaan di dalam dan luar negeri. Seorang laki-laki asal Bali berusia 31 tahun berjulukan I Wayan Sumardana alias Sutawan alias Tawan dijuluki sebagai insan robot. Julukan itu ia peroleh lantaran kemampuannya dalam merancang robot. Hebatnya, robot ciptaannya bisa menggerakkan tangan kirinya yang lumpuh lantaran stroke. Dengan memakai perangkat electronik rongsokan, ia berhasil membuat robot yang digerakan melalui sensor otak dengan sistem EEG electroencephalography. Bukan main!

Namun sehabis diteliti semua itu Hoax lantaran banyak kejanggalan yang ditemui contohnya robot tersebut tidak bisa digunakan orang lain, malah sempat didatangi oleh hebat sistem saraf otak yang ternyata sehabis melihat eksklusif “elektroda” yang ditempatkan di kepala dan “tangan robot”, bisa pastikan keseluruhannya hanyalah hoax semata. Dan yang terakhir ketika akan di uji dikatakan bahwa robot tersebut sudah rusak.

Alangkah bangganya kita sebagai orang Indonesia kalau ternyata memang benar telah ada inovasi penemuan canggih yang ternyata telah jauh melampaui kecanggihan negara lain. Semoga dilain hari benar benar lahir inovasi teknologi mutakhir karya anak bangsa tanpa embel embel hoax. Mari bersatu untuk Indonesia melawan HOAX

Referensi:
https://m.tempo.co/read/839115/begini-kisah-hoax-dari-zaman-sukarno-hingga-jokowi
http://www.kompasiana.com/el_tjandring/dari-blue-energy-super-toy-dan-kini-meirika-franola_5519762ea333112618b65987
https://ayomerdeka.wordpress.com/2008/05/30/ugm-blue-energy-itu-penipuan/
http://nasional.kompas.com/read/2008/09/05/09412559/presiden.sby.dipermalukan.padi.supertoy
https://seword.com/politik/sby-presiden-pemakan-hoax-kok-ngeluhnya-sekarang/
http://www.kompasiana.com/mawalu2/sby-korban-hoax_58875f2af49273ec08bb0873
http://makassar.tribunnews.com/2016/01/28/usai-datangi-tempat-tawan-iron-man-hari-ini-doktor-sistim-saraf-tangan-robot-tawan-hoax

Comments

Popular posts from this blog

Mencengangkan!! Misteri Black Hole Lubang Hitam Yang Belum Terpecahkan

Sebagian besar dari sahabat AnehdiDunia.com niscaya sudah pernah mendengar mengenai misteri keberadaan lubang hitam. Di mana lubang hitam merupakan sebuah fenomena luar angkasa yang hingga detik ini masih mengakibatkan banyak teori serta mengakibatkan banyak perdebatan di antara para ahli. Menurut penelitian banyak jago di dunia, lubang hitam yang sering disebut juga dengan istilah Black Hole ini yaitu sebuah tanda-tanda dari fenomena jagad raya, di mana lubang hitam ini diyakini mempunyai gaya gravitasi yang kekuatannya sangatlah dahsyat, bahkan berdasarkan pengamatan para jago astronomi menyampaikan bahwa seberkas cahaya sekalipun tidak akan bisa lolos dari dekapan sang lubang hitam ini. Teori realtivitas yang dikemukakan oleh Albert Einstein dan penerus-penerus dia juga memprediksi bawasanya akan membutuhkan massa yang amat sangat besar apabila insan hendak berniat membuat sebuah lubang hitam buatan atau lubang hitam tiruan. Perlu anda ketahui juga, bahwa di sekitaran luban

Mencengangkan!! Bintang Hollywood Yang Pernah Hidup Sebagai Gelandangan

Para Bintang yang hidup di Hollywood sering di identikan dengan kehidupan glamor dan daerah tinggal kolam istana yang merupakan citra positif dari kenikmatan dunia tertinggi yang bisa di raih seseorang. Namun tak semua Bintang Hollywood yang kini bisa meraih pendapatan hingga jutaan Dollar dalam satu kali peranya dalam sebuah film ini, meniti karir mereka dengan cara yang gampang, ataupun terlahir dari keluarga yang berada, hingga bisa mendukung perjalan karir mereka, kadang para bintang ini juga muncul dari kalangan biasa bahkan bisa dibilang kekurangan, beberapa diantaranya bahkan pernah mencicipi hidup susah sebab terlahir dalam himpitan kemiskinan hingga menciptakan mereka terpaksa hidup menggelandang. Tapi sebab kerja keras, semangat pantang mengalah dan juga sedikit keberuntungan mereka jadinya berhasil menapaki tangga ketenaran sebagai bintang yang bersinar di Hollywood dan merubah nasib mereka 180 derajat pada sisi roda kehidupan yang berbeda, dari masa dimana mereka dulu bahk

Mencengangkan!! Simak Sejarah Unik Munculnya Boneka Ventriloquist

Bagi sahabat anehdidunia.com yang belum mengetahui apa itu boneka Ventriloquist, boneka ini merupakan boneka yang di pakai dalam dunia hiburan panggung, yaitu dengan cara menggerakkan bab bibirnya serta matanya secara manual, lalu sang penggagas itu akan mengeluarkan suara  buatan guna menciptakan si boneka solah-olah hidup dan mempunyai perasaan. Dikisahkan, awalnya Ventriloquisme atau juga disebut dengan Ventriloquism ini merupakan seni berbicara dengan tanpa harus  menggerakkan ekspresi atau bibir. Ventriloquis berasal dari serapan kata bahasa Latin, yaitu “venter”, yang artinya yaitu perut, serta “loqui” yang artinya yaitu berbicara. Ventriloquisme ini sering juga banyak diartikan sebagai sebuah ilmu ataupun keterampilan dalam berbicara memakai perut. Bahkan dalam perkembangan dunia Ventriloquisme ini, ada beberapa orang mahir Ventriloquis yang bisa bersuara perut yang seakan-akan si boneka berada di kawasan yang jauh atau di ruangan yang lainnya. Dalam pemaknaan di bahasa Indones