Skip to main content

Mencengangkan!! Belakang Layar Instruksi Misterius Belum Terpecahkan

Kode atau sandi dalam komunikasi yaitu hukum untuk mengubah suatu warta menjadi bentuk atau representasi lain, yang tidak harus dalam bentuk yang sama. Di dunia ini banyak sekali kode, dimulai dari kata sandi hingga kode-kode dengan goresan pena tidak jelas, dan banyak juga aba-aba yang telah berhasil dipecahkan dengan tunjangan Internet dan banyak sekali orang arif yang menemukan contoh di belakangnya. Tapi di antara kode-kode tersebut, ada yang belum terpecahkan. Berikut kode misterius yang belum pernah terpecahkan hingga kini ini.

Shugborough Inscription


Di Aula Shugborough (Shugborough Hall) - Shugborough yaitu perumahan yang terletak di Great Haywood, Staffordshire, Inggris - ada sebuah monumen yang menggambarkan relief (sejenis gambar dengan pahatan yang permukaannya mencuat keluar) seorang perempuan melihat 3 pengggembala domba menunjuk ke sebuah makam. Pada makam itu ditulis sebuah goresan pena latin "Et in arcadia ego" yang berarti "Saya juga ada di Arcadia." Relief itu sendiri didasarkan dari sebuah gambar.

Uniknya, ada yang berbeda dari gambar itu. Pada gambar itu, huruf R pada ARCADIA ditunjuk, sedangkan relief itu menunjuk ke huruf N. Relief itu juga menambahkan peti mayit dari kerikil (sarkofagus) yang diletakkan di atas goresan pena latin. Di bawah monumen itu juga ada huruf:

D O.U.O.S.V.A.V.V M

Nah, goresan pena ini bersama dengan relief inilah yang menjadi misteri. Tulisan ini sendiri ada 3 gambar Nicholas Pussin, Lantai di Shugborough Hall, dan Monumen yang dijelaskan sebelumnya. Beberapa mempercayai bahwa bila itu sanggup dipecahkan, maka akan memperlihatkan petunjuk ke sebuah cawan suci (Holy Grail). Beberapa orang juga menyampaikan arti dari huruf-huruf itu yaitu "Orator Ut Omnia Sunt Vanitas Ait Vanitas Vaniatatem" yang berarrti "Kesia-siaan Belaka, Demikianlah Firman Pengkhotbah, Semua Adalah Kesia-siaan." Tapi tidak ada yang tahu kebenarannya, ada yang menyampaikan itu hanya asal menebak.

Voynich Manuscript


Telah dibahas dalam Misteri Buku Manuscript Dunia, Voynich Manuscript dideskripsikan sebagai "manuscript (dokumen goresan pena tangan) paling misterius di dunia". Merupakan buku 240 hlaman yang berisikan ilustrasi bewarna, diagram, kejadian, dan flora yang tidak dikenal. Berdasarkan ilustrasi terebut, diperkirakan isinya mengenai herbal, astronomi, biologi, kosmologi, pengobatan dan banyak sekali resep, oleh alasannya itu beberapa orang mempercayai bahwa bila aba-aba ini dipecahkan maka akan memperlihatkan pengetahuan gres bagi manusia. Tapi ada juga kesimpulan yang menyampaikan bahwa ini hanya aba-aba palsu yang tidak berarti. Tidak ada yang tahu kepastiannya hingga kini ini.

Yang menariknya, Voynich Manuscript telah menjadi objek studi oleh banyak cryptographer (pemecah sandi) profesional maupun amatir, beberapa di antaranya bahkan yaitu pemecah aba-aba (codebreaker) Amerika dan Inggris ternama dari Perang Dunia II. Tapi tidak ada satu kata-pun yang berhasil dipecahkan oleh mereka. Inilah yang menciptakan Voynich Manuscript dikenal sebagai salah satu aba-aba bersejarah paling misterius.

Tamam Shud Case


Pada tahun 1948, sebuah mayit laki-laki tidak dikenal ditemukan di pantai Somerton, Adelaide. Walaupun terlihat menyerupai laki-laki umumnya, banyak sekali tes menyerupai sidik jari dan catatan gigi tidak cocok dengan orang hidup manapun, Pada ketika otopsi dilakukan, ditemukan bahwa isi badannya benar-benar berbeda dari insan umumnya. Sebuah koper miliknya berisikan kertas yang bertuliskan "Taman Shud". Kertas ituu cocok dengan copy buku yang langka, dan di belakang buku itu ada 5 baris huruf kapital yang terlihat menyerupai aba-aba rahasia. Kode dan perkara ini risikonya menjadi salah satu perkara paling misteri dan absurd yang pernah terjadi hingga sekarang.

D'Agapeyeff Cipher



Alexander d'Agapeyeff bukanlah seorang kriptografer, hanya alasannya ia pernah menulis buku mengenai pembuatan peta (kartografi), ia memutuskan memsukkan kriptografi (mengenai sandi) ke dalam buku keduanya. Pada halaman terakhir buku itu, ia memasukkan sebuah aba-aba yang dikatakan sederhana dan bertujuan untuk "menguji pembaca menguji keahliannya." Seberapa sederhana-pun kata si d;Agapeyeff, kodenya hingga kini belum sanggup dipecahkan dan masih bertahan selama 70 tahun. d'Agapeyeff sendiri-pun menyampaikan bahwa ia lupa cara memecahkannya, oleh alasannya itu banyak orang yang mempercayai itu hanyalah aba-aba yang salah.

Dorabella Cipher


Dikirim oleh seseorang yang berbakat musik dan menggemari kode, Edward Elgar, ke temannya Miss Dora Penny, Jika dilihat sekilas, mungkin aba-aba itu tidak mempunyai arti apa-apa, tapi aba-aba yang dikirimkan sekitar 110 tahun lalu, tepatnya tahun 1897, telah menjadi subjek dari penelitian selama bertahun-tahun dan belum ada yang berhasil memecahkannya hingga sekarang. Beberapa mempercayai itu bukanlah sebuah teks, melainkan sebuah melodi alasannya Elgar sendiri populer akan musikalnya.

Kryptos


Kryptos yaitu sebuah pahatan yang sanggup ditemukan di kantor CIA yang terletak di Langley, Virginia, United States. Sejak kemunculannya, telah banyak spekulasi dan telah menjadi sebuah perhatian setiap karyawan CIA dan banyak sekali pemecah kode. Pahatan itu berisikan sekitar 869 karakter, akan tetapi pemahatnya, James Sanborn, merilis warta bahwa huruf yang dimaksudkan di aba-aba utama hilang. Makara totalnya ada 870 karakter.

Orang pertama yang menyampaikan berhasil memecahkan 3 bab aba-aba tersebut, pada tahun 1999, berhasil mengartikan 768 karakter. akan tetapi, 97 (98) karakter sisanya, masih tidak sanggup dipecahkan hingga kini ini. Ini juga yaitu bab yang sama menciptakan pemecah aba-aba pemerintahan terjebak.

Linear A


Linear A yaitu salah satu dari 2 huruf atau goresan pena yang berbahasa Crete (salah satu pulau Yunani). Selain Linear A, ada Linear B yang berhasil dipecahkan oleh Michael Ventris pada tahun 1952. Tapi Linear A masih belum sanggup dipecahkan, setengahnya berhasil dibaca alasannya mengarah ke Linear B. Walaupun memakai bahasa yang sama, bila Linear B diterapkan ke Linear A, bahasanya sangat absurd dan tidak dikenal di bahasa apapun. Dipercaya ada kekerabatan antara Linear A dan The Phaistos Disk.

Beale Cipher

Ingin $40 Juta dalam bentuk emas, perak dan aksesori yang terkubur? Anda hanya perlu memecahkan aba-aba yang dikenal dengan nama Beale Chipher. Harta itu dikatakan terkubur di Bedford County, Virginia oleh seseorang yang berjulukan Thomas Jefferson Beale. Ia mempercayakan sebuah aba-aba ke seorang pemilik penginapa. Begitu pemilik penginapan itu meninggal, temannya menghabiskan waktu 20 tahun untuk memecahkan aba-aba itu. Dari 3 bab pesan berkode itu, sebuah bab sanggup dipecahkan dan mendeskripsikan mengenai harta karun itu. Walaupun sudah melalui banyak percobaan, 2 lainnya tidak pernah dipecahkan.

Chinese Gold Bar Cipher


Pada tahun 1993, ada 7 batang emas yang ditujukan ke Jendral Wang di Shanghai, Cina. Pada setiap batang emasnya sendiri ada gambar, goresan pena Cina, beberapa bentuk goresan pena huruf dan huruf-huruf latin. Dipercaya bahwa kode-kode tersebut menunjuk ke sebuah akta berlogam di Bank Amerika yang masih dalam bentuk deposit. Oleh alasannya itu, hingga kini masih ada perdebatan mengenai siapa yang sanggup mempunyai deposit itu. Berdasarkan goresan pena Cina yang telah dipecahkan, Deposit itu sendiri menunjuk ke transaksi yang bernilai $300.000.000 (3 ratus juta dolar) dan batang emas itu sendiri. Sayangnya, aba-aba lainnya masih belum sanggup dipecahkan sehingga klaim mengenai deposit itu masih menjadi perdebatan.

The Phaistos Disk


Berbentuk bulat, dengan ukuran 15 cm, terbuat dari tanah liat, dipekirakan berasal dari 1700 tahun sebelum masehi dan belum terpecahkan hingga kini ini, itulah Phaistos Disk. Phaistos Disk yaitu bukti faktual dari goresan pena hieroglyph (tulisan mesir kuno). Memiliki 45 simbol yang berbeda, beberapa di antaranya telah diketahui memperlihatkan arti orang, alat, flora dan binatang, tapi simbol lainnya sama sekali tidak sanggup diartikan alasannya betul-betul berbeda dari zamannya. Sampai kini para peneliti tetap tidak sanggup menemukan arti di belakang aba-aba ini.


referensi:http://sains.kompas.com/read/2013/07/29/2324124/10.Naskah.dan.Kode.Paling.Misterius.di.Dunia/http://www.tahupedia.com/content/show/188/10-Kode-Misterius-yang-Belum-Terpecahkan-Hingga-Sekarang-Ini/http://id.wikipedia.org/wiki/Kode

Comments

Popular posts from this blog

Mencengangkan!! Misteri Black Hole Lubang Hitam Yang Belum Terpecahkan

Sebagian besar dari sahabat AnehdiDunia.com niscaya sudah pernah mendengar mengenai misteri keberadaan lubang hitam. Di mana lubang hitam merupakan sebuah fenomena luar angkasa yang hingga detik ini masih mengakibatkan banyak teori serta mengakibatkan banyak perdebatan di antara para ahli. Menurut penelitian banyak jago di dunia, lubang hitam yang sering disebut juga dengan istilah Black Hole ini yaitu sebuah tanda-tanda dari fenomena jagad raya, di mana lubang hitam ini diyakini mempunyai gaya gravitasi yang kekuatannya sangatlah dahsyat, bahkan berdasarkan pengamatan para jago astronomi menyampaikan bahwa seberkas cahaya sekalipun tidak akan bisa lolos dari dekapan sang lubang hitam ini. Teori realtivitas yang dikemukakan oleh Albert Einstein dan penerus-penerus dia juga memprediksi bawasanya akan membutuhkan massa yang amat sangat besar apabila insan hendak berniat membuat sebuah lubang hitam buatan atau lubang hitam tiruan. Perlu anda ketahui juga, bahwa di sekitaran luban

Mencengangkan!! Bintang Hollywood Yang Pernah Hidup Sebagai Gelandangan

Para Bintang yang hidup di Hollywood sering di identikan dengan kehidupan glamor dan daerah tinggal kolam istana yang merupakan citra positif dari kenikmatan dunia tertinggi yang bisa di raih seseorang. Namun tak semua Bintang Hollywood yang kini bisa meraih pendapatan hingga jutaan Dollar dalam satu kali peranya dalam sebuah film ini, meniti karir mereka dengan cara yang gampang, ataupun terlahir dari keluarga yang berada, hingga bisa mendukung perjalan karir mereka, kadang para bintang ini juga muncul dari kalangan biasa bahkan bisa dibilang kekurangan, beberapa diantaranya bahkan pernah mencicipi hidup susah sebab terlahir dalam himpitan kemiskinan hingga menciptakan mereka terpaksa hidup menggelandang. Tapi sebab kerja keras, semangat pantang mengalah dan juga sedikit keberuntungan mereka jadinya berhasil menapaki tangga ketenaran sebagai bintang yang bersinar di Hollywood dan merubah nasib mereka 180 derajat pada sisi roda kehidupan yang berbeda, dari masa dimana mereka dulu bahk

Mencengangkan!! Simak Sejarah Unik Munculnya Boneka Ventriloquist

Bagi sahabat anehdidunia.com yang belum mengetahui apa itu boneka Ventriloquist, boneka ini merupakan boneka yang di pakai dalam dunia hiburan panggung, yaitu dengan cara menggerakkan bab bibirnya serta matanya secara manual, lalu sang penggagas itu akan mengeluarkan suara  buatan guna menciptakan si boneka solah-olah hidup dan mempunyai perasaan. Dikisahkan, awalnya Ventriloquisme atau juga disebut dengan Ventriloquism ini merupakan seni berbicara dengan tanpa harus  menggerakkan ekspresi atau bibir. Ventriloquis berasal dari serapan kata bahasa Latin, yaitu “venter”, yang artinya yaitu perut, serta “loqui” yang artinya yaitu berbicara. Ventriloquisme ini sering juga banyak diartikan sebagai sebuah ilmu ataupun keterampilan dalam berbicara memakai perut. Bahkan dalam perkembangan dunia Ventriloquisme ini, ada beberapa orang mahir Ventriloquis yang bisa bersuara perut yang seakan-akan si boneka berada di kawasan yang jauh atau di ruangan yang lainnya. Dalam pemaknaan di bahasa Indones